Rabu, 02 Mei 2012

Setelah Jadi Menkes, Endang Sekolahkan 3 PRT-nya

Jakarta Mendiang Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih sangat peduli akan pendidikan. Bahkan, kepeduliannya terhadap pendidikan itu ia wujudkan dengan menyekolahkan ketiga pekerja rumah tangganya.

Asep, seorang pekerja di kediaman pribadi Endang di Jl Raya Pendidikan III Blok C55, Duren Sawit, Jakarta Timur menceritakan kenangannya semasa almarhumah hidup. Asep terkenang saat Endang mendorong ia dan dua rekannya untuk melanjutkan sekolahnya lebih tinggi.

"Waktu saya masuk ke sini, ibu menawarkan saya masuk sekolah. Waktu itu ibu nawarin saya masuk sekolah formal," kata Asep yang ditemui di rumah duka, Rabu (2/5/2012).

Permintaan Endang itu kemudian diamini oleh Asep dan kedua rekannya. Namun, Asep dan teman-temannya yang harus membagi waktu antara pekerjaan dengan sekolah, lebih memilih untuk mengambil jenjang sekolah Paket C.

"Sampai sekarang kita masih bersekolah," ujarnya.

Saking pedulinya akan pendidikan ketiga pembantunya itu, Endang pernah menegur ketiganya karena tidak masuk sekolah. "Ibu pernah menegur kita karena tidak sekolah. Padahal waktu itu ibu mau berangkat kerja dan sudah berpakaian rapi, tetapi ibu lebih mementingkan tidak berangkat kerja karena melihat anak-anak (pekerja) yang disekolahnya tidak sekolah," urainya.

Asep saat itu beralasan tidak masuk sekolah karena tanggung jawabnya akan pekerjaanya. "Kita melihat tanggung jawab di sini waktu jaga rumah. Padahal bukan anak dia, tapi ibu selalu baik dan perhatian pada anak yang kerja di sini," katanya.

Endang meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo karena mengidap sakit kanker paru. Jejak penyakit yang diderita menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II itu baru diketahui sejak 1,5 tahun belakangan.

(mei/nwk)

Tidak ada komentar: