Jumat, 25 Mei 2012

Anak PRT Asal Lamongan Peringkat II UN se Indonesia

Lamongan - Siswi SMAN 2 Lamongan, Novi Wulandari ditetapkan sebagai peraih Nilai Ujian Nasional (UN) terbaik ke-2 se Indonesia untuk Program IPA. Sementara di tingkat Jawa Timur, nilai rata-rata mencapai 58,50 adalah yang terbaik.

Novi dikenal pendiam oleh teman-temannya itu sudah menunjukkan keenceran otaknya. Di kelas 1 dan 2, dia selalau meraih rangking pertama di kelasnya. Namun prestasi rapornya sempat turun di kelas 3 menjadi rangking ke-5.

Saat ditanya penyebab turunnya prestasi di kelasnya itu, dengan berkaca-kaca, warga Perumnas Made Jalan Maderejo Gang 3 No 10 merasa terbebani dengan masa depannya setelah lulus nanti.

"Saya takut tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi karena ketiadaan biaya," kata Novi kepada wartawan di sekolahnya.

Maklum saja, anak kedua dari dua bersaudara pasangan Rapi Setiawati dan Mohammad Mustakim ini berasal dari keluarga tidak mampu. Ayahnya hanya karyawan sebuah toko di Pasar Lamongan, sementara ibunya hanya bekerja sebagai pembantu rumah tangga paruh waktu.

Karena itulah, dia sempat ragu dengan masa depannya. Sementara, ibunya hanya berprofesi sebagai PRT. Meski begitu, kondisi keluarganya justru memberikan motivasi tersendiri menjelang pelaksanaan UN kemarin.

Dia berharap, jika dalam UN dia bisa berprestasi tingkat nasional, dara kelahiran 18 Oktober 1993 ini bisa mendapat secercah harapan.

"Sejak awal sebelum pelaksanaan UN, saya memang berkeinginan harus bisa berprestasi nasional, selain untuk membanggakan orang tua, saya juga mendengar akan ada bantuan untuk siswa yang berprestasi nasional," kata Novi sembari menambahkan jika saat UN ayahnya terbaring sakit.

Saat mengetahui informasi dari kepala sekolah SMAN 2, Khusnan MZ bahwa Nilai UN terbaik di Jatim dan kedua tingkat nasional, Novi langsung sujud syukur dan memeluk kedua orang tuanya.

"Saya sendiri tidak pernah punya firasat akan meraih prestasi ini," kata dia.

Novi menuturkan, tidak mengikuti bimbingan belajar dan tidak punya metode khusus dalam belajar. Bahkan dia belajar jika hanya sedang mood saja. Namun dia lebih sering belajar sekitar jam 01.00 WIB dini hari selepas Salat Malam dan baru selesai belajar menjelang Salat Shubuh.

Siswi yang berkeinginan bisa diterima di UGM mengaku menyukai mata pelajaran fisika. Sehingga dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan, dia memilih jurusan Geofisika dan Statistika di UGM. Namun jika tak lolos jalur undangan, dia akan menempuh jalur regular di ITS jurusan Fisika.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 2 Lamongan, Khusnan menyebutkan, selain Novi, ada 3 siswanya yang berpretasi dalam UN kali ini. Yakni Anggi Arsandi Apriliyanto dari Program IPA dengan NUN 58,45 meraih peringkat ke-7 secara nasional. Anggi di tingkat Jatim menduduki peringkat kedua setelah Novi. Sedangkan Sri Rahayu, juga dari Program IPA dengan NUN 58,20 menduduki peringkat ke 17 secara nasional.


sumber: http://surabaya.detik.com/read/2012/05/25/150100/1924804/475/anak-prt-asal-lamongan-peringkat-ii-un-se-indonesia?utm-source=topshare

Tidak ada komentar: