Senin, 14 Desember 2009

Festival dan teater PRT digelar di TBY

Senin, 14 Desember 2009 17:38:24



JOGJA: Festival dan pentas teater pekerja rumah tangga pertama kali digelar di Taman Budaya Yogayakarta,akhir pekan lalu.

Acara ini diselenggarakan sebagai ruang apresiasi para pekerja rumah tangga dan untuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa pekerja rumah tangga juga memiliki hak yang sama sebagai manusia.

"Hingga kini kan mereka (PRT) masih disebut pembantu, dengan demikian mereka membantu apapun yang diminta majikan yang kadang tidak menghargai hak asasi mereka. Untuk itu kami ingin meluruskan lagi bahwa PRT itu adalah pekerja yang memiliki hak sama seperti yang lain,” jelas Nono Karsono, selaku ketua penyelenggara.

Acara ini merupakan kerja sama dari LSM Cut Nyak Dien, Kongres Operata Yogyakarta dan Gabungan teater Jogja. Dalam acara kali ini terdapat 10 kelompok PRT yang akan unjuk gigi bermain peran.

Puncak acara akan dilaksanakan malam nanti dengan pentas teater PRT dan gabungan teater Jogja serta penyerahan KOY Award kepada individu dan institusi yang punya dedikasi terhadap perlindungan PRT diantaranya DPRD, Walikota Jogja, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Lita Anggraeni dari Jala PRT dan Rieke Dyah Pitaloka.(Harian Jogja/Intaningrum)

Tidak ada komentar: